Thursday, December 6, 2012

MUMMADIYAH JODOH-NU

67 tahun sudah Indonesia merdeka. 67 tahun pula Bangsa Indonesia menikmati manisnya nafas kemerdekaan yang jauh dari penjajahan dan penindasan. Perjuangan yang dilaksanakan untuk mencapai kemerdekaan tidak lepas dari ormas yang senantiasa berjuan tanpa pamrih. 2 di antaranya NU dan Muhammadiyah yang sampai saat ini menjadi pemeran utama dalam sejarah perjuangan Bangsa Indonesia.


NU yang khas dengan dakwah kulturalnya bersatu padu menegakkan Islam dalam ranah sosial kemasyarakatan. Muhammadiyah yang khas dengan dakwah strukturalnya berusaha membangun tempat untuk tegaknya Syariat Islam pada ranah pemerintahan. Sinergitas yang dibangun sangat sesuai karena Islamisasi tidak hanya dibutuhkan dalam kehidupan masyarakat saja tetapi juga pada sektor pemerintahan dan kebijakan. Sebagai contoh, ketika para Kiyai meminta para muslimah untuk memakai kerudung maka serta merta pemerintah pun harus memberi ruang untuk tegaknya aturan itu. 

Pada masa orde baru dan lama misalnya. Para muslimah dianjurkan memakai kerudung oleh syariatnya, namun ironisnya pemerintah melarang pemakaian kerudung pada tempat tertentu. Misalnya ketika seseorang hendak masuk ke sekolah umum, biasanya dilarang memakai kerudung. Tidak hanya itu, ketika siswi-siswi sekolah yang beragama Islam hendak membuat foto untuk ijazahnya, mereka dipaksa untuk melepas kerudungnya. 

Di sinilah perlunya sinergitas dakwah kultural dan struktural. NU yang membumikan syariat di tatanan masyarakat, Muhammadiyah membumikan Islam pada sektor pemerintahan. Inilah yang kita nantikan selama ini. Persatuan Umat Islam untuk Indonesia demi tegaknya syariat Islam dalam kehidupan. Islam ini adalah kedamaian. Maka persatuanlah kunci utama kita. Ayo bersatu...

Oleh: Ibnu Malik, S.Pd.I.

kata kunci: NU online, NU skin, NU green tea, nuhijab, nu skin indonesia, muhammadiyah, muhammad, muhammad ali, muhammad saw, muhammad assad, muhammad al fatih, muhammad taha aljunayd, muhammad yamin.


No comments:

Post a Comment