Thursday, June 26, 2014

MIGRASI MANUSIA KE DUNIA MAYA

Tiga bersaudara asik bermain HP tanpa tegur sapa 
Sadar atau tidak sadar, manusia dan peradabannya telah banyak berkembang dan akan terus berkembang. Berbagai teknologi diciptakan, berbagai fasilitas untuk kemudahan hidup diadakan. Kemudahan dan kenyamanan menjadi target dari perkembangan peradaban manusia yang bertumpu pada teknologi. 

Untuk menciptakan api, manusia dahulu perlu waktu lama karena cara dan alat yang digunakan sangat terbatas. Untuk menghitung manusia menggunakan cara manual di zaman dahulu, namun dengan mesin hitung dapat lebih cepat dan tepat. Dengan telepon manusia tidak lagi perlu menempu jarak untuk bertemu dan berkomunikasi, karena dengan alat tersebut komunikasi bisa dilaksanakan. 

Perkembangan peradaban dan teknologi ini terus berkembang, bahkan telepon genggam yang dahulu hanya berfungsi sebagai alat komunikasi, sekarang sudah bisa dipakai untuk berbagai keperluan. Foto, media sosial, dan berbagai kebutuhan bisa dipenuhi oleh telepon genggam. 

Namun tanpa sadar, para pengguna alat komunikasi telah terbawa arus “migrasi”. ”Migrasi” manusia dari dunia nyata ke dunia maya. Ini dikarenakan adanya fasilitas internet dan media sosial yang terdapat pada HP kita. Saat ini, aktifitas komunikasi, perdagangan, komunitas, dakwah, dan berbagai kegiatan bisa dilaksanakan di dunia maya. HP canggih saat ini bisa memenuhi kebutuhan akan hal tersebut.

Kecenderungan inilah yang membuat para pengguna HP saat ini lebih banyak berkonsentrasi pada alat komunikasinya. Kurang lagi peduli pada lingkungan dan orang sekitarnya karena lebih banyak menghabiskan waktu dan aktifitasnya di HP atau gadget-nya. 

Perkembangan teknologi ini akan semakin berkembang, maka dengan berkembangnya teknologi, akan berkembang pula peralihan peradaban dari dunia nyata ke dunia maya.

No comments:

Post a Comment